ENTERPENEURSHIP!!!


 

Ide Kewirausahaan

 nilai suatu barang atau produk dapat diciptakan melalui:

   Inovasi

Keberhasilan wirausaha dicapai apabila wirausaha menggunakan produk, proses, dan

 jasa-jasa inovasi sebagai alat untuk menggali perubahan.

 

   Mengubah tantangan menjadi peluang

 

Menciptakan permintaan melalui penemuan baru (market driven).

 

Menurut Zimmerer, ide-ide yang berasal dari wirausaha dapat menciptakan peluang untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dalam mengevaluasi ide, wirausaha perlu mengidentifikasi dan mengevaluasi semua resiko yang mungkin terjadi dengan cara:

 

   Pengurangan resiko melalui strategi yang proaktif 

   Penyebaran resiko pada aspek yang paling mungkin

   Pengelolaan resiko yang mendatangkan nilai atau manfaat Ada tiga resiko yang perlu dievaluasi, yaitu:

   Resiko pasar atau resiko persaingan, terjadi akibat adanya ketidakpastian pasar 

   Resiko finansial, terjadi akibat rendahnya hasil penjualan dan tingginya biaya

   Resiko teknik, terjadi akibat kegagalan teknik 

 

Bagaimana ide dapat menjadi peluang, ada beberapa cara untuk melakukannya yaitu:

 

   Ide dapat digerakkan secara internal melalui perubahan cara-cara/metoda yang lebih baik untuk dapat memenuhi kepuasan pelanggan

   Ide dapat dihasilkan dalam bentuk produk dan jasa baru

   Ide dapat dihasilkan dalam bentuk modifikasi, bagaimana pekerjaan dilakukan atau dimodifikasi cara melakukan suatu pekerjaan

 

Sumber-sumber Potensial Peluang

 

Proses penjaringan ide disebut screening yang merupakan suatu cara terbaik untuk menuangkan ide potensial menjadi produk atau jasa riil. Adapun langkah-langkah dalam

 penjaringan ide ( screening ) ide dapat dilakukan dengan cara Menciptakan produk baru dan berbeda, mengamati pintu peluang, analisis produk dan proses produksi secara mendalam, menaksi biaya awal, dan memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi.


Menciptakan Produk Baru dan Berbeda

 

Produk dan jasa yang dibuat harus menciptakan nilai bagi pembeli, untuk itu wirausaha harus benar-benar mengenal perilaku konsumen di pasar.

 

Ada dua unsur pasar yang perlu diperhatikan:

 

   Permintaan terhadap barang/jasa yang dihasilkan

   Waktu penyerahan dan waktu permintaan barang/jasa

 

Kemampuan untuk memperoleh peluang, sangat bergantung pada kemampuan wirausaha untuk menganalisis pasar, yang meliputi aspek:

 

   Analisis demografi pasar 

   Analisis serta tingkah laku pesaing

   Analisis keunggulan bersaing pesaing dan kevakuman pesaing yang dapat dianggap dapat menciptakan peluang

 

Mengamati Pintu Peluang

 

Wirausaha harus mengamati potensi-potensi yang dimiliki pesaing, misalnya:

 

   Kemungkinan pesaing mengembangkan produk baru

   Pengalaman keberhasilan dalam mengembangkan produk baru

   Dukungan keuangan

   Keunggulan-keunggulan yang dimiliki pesaing di pasar 

 

Kemampuan pesaing untuk mempertahankan posisi pasar dapat dievaluasi dengan mengamati kelemahan-kelemahan dan resiko pesaing dalam menanamkan modal

 barunya.

 

Pintu peluang usaha baru dapat diperoleh dengan cara (Zimmerer):

 

   Produk baru harus segera dipasarkan dalam jangka waktu yang relatif singkat

   Kerugian teknik harus rendah

   Bila pesaing tidak begitu agresif untuk mengembangkan strategi produknya

   Pesaing tidak memiliki teknologi yang canggih

   Pesaing sejak awal tidak memiliki strategi dalam mempertahankan posisi

 pasarnya

   Perusahaan baru memiliki kemampuan dan sumbe-sumber untuk menghasilkan

 produk barunya

 

Memperhitungkan Resiko yang Mungkin Terjadi

 

Resiko pesaing, kemampuan dan kesediaan pesaing untuk mempertahankan posisi

 pasarnya:


   Kesamaan dan keunggulan produk yang dikembangkan pesaing

   Tingkat keberhasilan yang dicapai pesaing dalam pengembangan produknya

   Seberapa besar dukungan keuangan pesaing bagi pengembangan produk baru

 

Resiko teknik adalah kegagalan dalam proses pengembangan produk. Sedangkan resiko finansial adalah kegagalan yang timbul akibat ketidakcukupan dana.

 

Bekal Pengetahuan dan Kompetensi Kewirausahaan

 

Untuk menjadi wirausaha yang berhasil, persyaratan utama yang harus dimiliki adalah memiliki jiwa dan watak kewirausahaan. Jiwa dan watak kewirausahaan tersebut dipengaruhi oleh keterampilan, kemampuan, atau kompetensi. Komptensi itu sendiri ditentukan oleh pengetahuan dan pengalaman.

 

Wirausahawan adalah seseorang yang memiliki jiwa dan kemampuan tertentu dalam

 berkreasi dan berinovasi, ia memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

 

Kemampuan kreatif dan inovatif tersebut tercermin dalam:

 

   Kemampuan dan kemauan untuk memulai usaha  (start-up)

   Kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang baru (creative)

   Kemampuan dan kemampuan untuk mencari peluang (opportunity)

   Kemampuan dan keberanian untuk menanggung resiko (risk bearing) 

   Kemampuan untuk mengembangkan ide dan meramu sumber daya Kemauan dan kemampuan-kemampuan tersebut diperlukan terutama untuk:

   Menghasilkan produk atau jasa baru

   Menghasilkan nilai tambah baru

   Merintis usaha baru

   Melakukan proses/teknik baru

   Mengembangkan organisasi baru

https://www.scribd.com/doc/39638975/ARTIKEL-KEWIRAUSAHAAN

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ENTERPENEURSHIP!!!"

Posting Komentar